Mengapa asesmen pembelajaran itu penting?
Sejak menerapkan kurikulum merdeka di dunia pendidikan kita, muncul istilah asesmen. Kalau sebelumnya di kurikulum 2013, kita menggunakan istilah penilaian harian yang terdiri dari penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan dan penilaian sikap. Namun, dalam kurikulum kita yang baru ini, ketiga penilaian tersebut sudah melebur menjadi satu dalam asesmen. Artinya, ketika seorang guru melakukan asesmen, maka di dalamnya bisa dilihat aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Kita tahu, pada kurikulum 2013 itu, penilaian hanya berdasarkan angka-angka saja. Lalu, bagaimana penilaian terhadap siswa di kurikulum merdeka? Kita sudah tidak lagi menggunakan istilah penilaian lagi. Dalam kurikulum merdeka, kita menggunakan istilah asesmen. Dalam asesmen tidak lagi berbasis angka-angka saja, tetapi berbasis pada proses sebelum, saat , dan setelah pembelajaran. Asesmen berupa angka dan deskripsi. Kita bisa peroleh melalui beberapa teknik, antara lain melalui tes, pengamatan (observasi), unjuk kerja, penilaian diri, portofolio, dan sebagainya.
Asesmen dalam pendidikan berfungsi sebagai bahan untuk menentukan kemampuan dan kesulitan pada saat itu dan mengidentifikasi apa yang benar-benar diperlukan untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil asesmen, guru dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dengan realitas siswa. Asesmen dibagi menjadi 2 macam, yaitu asesmen formatif dan sumatif.
Asesmen formatif yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk memperbaiki proses belajar. Penilaian atau asesmen formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik, hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi, dan juga untuk mendapatkan informasi perkembangan peserta didik. Informasi tersebut merupakan umpan balik bagi peserta didik dan juga pendidik.
Asesmen Sumatif yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian
keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses
pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan
pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan
pendidikan. Berbeda dengan asesmen formatif, asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.
Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
Asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada
akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran),
pada akhir semester dan pada akhir fase; khusus asesmen padaakhir semester,
asesmen ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, maka dapat melakukan asesmen pada akhir semester. Sebaliknya, jika pendidik merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak perlu melakukan asesmen pada akhir semester.
Instrumen Asesmen
Contoh Rubrik:
Komentar
Karya tulis ini sangat bagus sangat dapat menambah pendidik dalam menambah kapsitas pengatahuan dalam praktik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen.
Selama ini saya sudah melaksanakan semacam asesmen sumatif diakhir pembelajaran tp tidak terpormat hanya sbg ukuran saya pribadi bahwa pembelajaran yg telah d laksanakan berhasil/tidaknya
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
APAKAH KITA SUDAH MENERAPKAN PHBS?
Apa itu PHBS? Apakah kalian sudah tahu dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari? Lalu, apakah kalian juga sudah tahu apa sih manfaatnya jika kita menerapkan PHBS dalam kehidup
STS/PTS Semester Genap 2022/2023
Apa itu STS? Bagi kita yang sudah terbiasa mengikuti penilaian pembelajaran kurikulum 2013 pasti mengenal Penilaian Tengah Semester (PTS). Setelah kita menerapkan kurikulum merdeka di
Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 1444 H
Assaalamu'alaikum wr. wb. Alhamdulillahi robbil alamin, wabihi nasta'in ala umuriddunya waddin, washolatu wassalam ala asyrofil anbiya' wal mursalin sayyidina wamaulana Muhammadin wa a
AGENDA PESANTREN KILAT SPERONA
Assalaamu'alaikum Wr Wb Alhamdulillahi robbil alamin, wabihi nasta'in ala umuriddunya waddin, washolatu wassalam ala asyrofil anbiya' wal mursalin sayyidina wamaulana Muhammadin wa ala
keren karya tulisnya..sangat memberikan pencerahan dan mengedukatif para pendidik...dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami..terima kasih.